.

Breaking News

Selasa, 10 Juni 2014

Pembangunan Dua Puskesmas di Abdya Tertunda

Pembangunan Dua Puskesmas di Abdya Tertunda
 
Puskesmas Kecamatan Mangeng Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Foto Julida Fisma
Puskesmas  Kecamatan
 Mangeng Kabupaten
Aceh Barat Daya (Abdya).
 Foto :  Julida Fisma
ACEH BARAT DAYA (ABDYA) NEWS - Perecanaan Pembangunan ulang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Manggeng dan Puskesmas Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tertunda akibat terhalang dengan peraturan menteri, yang tidak memperbolehkan penggunaan dana otonomi khusus (otsus) dari provinsi dan menganjurkan untuk dikelola oleh Kabupaten/Kota itu sendiri.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Abdya, Martunis Mkes, Rabu (11/6) mengatakan, tahun 2015 mendatang akan di rencanakan pembangunan kedua Gedung Puskesmas meliputi, Puskesmas Manggeng Rp 3 miliar dan Puskesmas Blangpidie Rp 2,8 miliar.

Ia menjelaskan, Kedua perencanaan bangunan Puskesmas tersebut sempat tertunda dalam tahun 2014, dan akan dilaksanakan pada tahun 2015. “Seharusnya sudah dibangun dalam tahun ini, namun dengan adanya pesan singkat melalui Henphon dari Kadis Kesehatan Provinsi Aceh, pak Taqwallah, bahwa hal itu terhalang dengan peraturan menteri, tapi saya tidak tau pasti menteri apa yang membuat aturan tersebut,” Jelas Martunis.

Martunis menyebutkan, pihaknya sudah memasukkan perencanaan pembangunan itu dalam rencana kerja (Renja) Dinkes Abdya tahun 2014. “Insya Allah, kita pastikan dalam tahun 2015 pembangunan Puskesmas itu akan terealisasi, apabila itu sudah terjadi kita akan mencari lokasi darurat untuk menempatkan bangunan puskemas sementara sampai menunggu pembangunannya selesai,” ungkapnya.

Meskipun masih tertunda dalam tahun ini, kegiatan pelayanan kesehatan pada dua unit Peskesmas di Abdya itu, berlangsung sebagai mana mestinya. “Kita masih menjalankan rutinitas sebagaimana adanya, meskipun terkadang pasien sempat membludak dan tidak cukup ruangan untuk rawat inap, tapi kita tetap berupaya untuk menutupi semua itu,” terang Kepala Puskesmas Manggeng, Salman SKM ketika dikonfirmsi Wartawan dalam ruang kerjanya.

Terakir Ia menambahkan, bila bangunan puskesmas ini dibangun kembali, maka terobati sudah persoalan masyarakat yang selama ini selalu mengeluh ketika ruangan banyak dipenuhi pasien, terkadang satu kamar bisa berdesakan sampai 5 orang pasien dan itu dirasakannya sangat tidak layak. “Kita berharap bangunan itu dapat teralisasi segera, karena selama ini masyarakat sudah banyak yang merasa kurang puas dengan pelayanan kita, mau tidak mau, ya beginilah keadaanya,” tutup Salman.***



Komentar Anda Disini !

Copyright © 2010 - Abdyanews
Designed By Xplory Design