.

Breaking News

Minggu, 10 November 2013

Ada Rekening ‘Liar’ di Bank Aceh

Hasil audit BPK-RI Perwakilan Propinsi Aceh, menemukan adanya jasa giro nasabah yang ditransfer kerekening Pemerintah Aceh. Termasuk, ada rekening anonimdi Bank Aceh. Gila!
Laporan Julida Fisma

Nilai bunga yang diberikan Bank Aceh kepada nasabah memang tidak begitu besar. Untuk penabungan atasnama lembaga atauyayasan misalnya, bank plat merah ini member jasa giro dua persen dari jumlah tabungan yang ada setiap bulannya.
Sebaliknya, jika ada nasabah atas nama lembaga dimaksud menyimpan uang 5 juta , maka pemilik giro mendapatkan 100 ribu perbulan, “bunga tabungan dengan jasa giro beda, kalau atas nama lembaga 2 persen dan tabungan 2,5 persen,” jelas salah seorang Pegawai Bank Aceh Cabang Darussalam, Bnada Aceh Kamis Pekan Lalu.
Yang menarik untuk disimak bukan jumlah nilai persennya, tetapi Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Propinsi Aceh, menemukan sistem identifikasi rekening giro pada Kantor Pusa Oprasional Bank Aceh,lemah.
Itu sebabnya, pendapatan jasa giro rekening nasabah lain ditransfer kerekening Pemerintah Aceh.Ceritanya, Rekening Pemerintah Aceh dan Daerah di berikode 01.02xxxx, kode rekening ini, dipergunakan untuk menerima Pendapatan Asli Daerah (PAD). Celakanya,hasil penelusuran BPK RI, didapati pada tahun 2011 dan 2012 jasa giro nasabah lain, dipindah bukukan kenomor rekening 0101.120003-4. Nomor rekening dimaksud, menerima jasa giro nasabah lain, itu adalah nomor rekening milik Pemerintah Aceh yang digunakan untuk penerimaan PAD.
Nah, diatara rekening yang jasa gironya dipindahkanbukukan tersebut, terdapat juga rekening Satker Pemda, Kelompok atau Organisasi Masyarakat lain, Seperti KADIN dan BRA. Tak hanya itu,yang lebih parahnya lagi adalah, ada rekening tak bertuan di Bank Aceh. Sebab Rekening anonym ini, tidak dilengkapi dengan data indetitas yang memadai, seperti nama pemohon,pekerjaan, Profesi, Sumber Dana,rata-rata penghasilan dan kelengkapan lainnya.

Karena itu, BPK RI menilai, Bank Aceh kurang cermat dalam pemberian Kode Rekening . sehingga rekening Milik Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN1) Buengcal Kuta Baro yang berada dibawah Kementrian Agama, dimasukan oleh Bank Aceh dalam katagori Pemerintah Aceh.***

Komentar Anda Disini !

Copyright © 2010 - Abdyanews
Designed By Xplory Design