.

Breaking News

Kamis, 16 Mei 2013

PULUHAN KADER IMM GELAR AKSI JALANAN


TERLIHAT SALAH SEORANG WARGA MEMBERIKAN SUMBANGAN
KEPADA KADER IMM ABDYA UNTUK KORBAN KEBAKARAN SILOLO
 MINGGU PEKAN LALU.FOTO DIREKAM JULIDA FISMA  

Siang itu, langit begitu cerah. Di Jalan Persada menuju Pusat Kota Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, terlihat agak ramai. Sekitar Belasan Mahasiswa berdiri ditengah jalan, Minggu pekan lalu.

Memakai jas berwarna merah, Sebuah Tas ransel melekat di Belakangnya. Kedua belah tangannya memegang sebuah kota persegi 4, dikemas dengan kertas berwarna putih tertulis BANTUAN UNTUK KORBAN KEBAKARAN SILOLO - ACEH SELATAN. Kesibukan itu juga terlihat di Jalan Kesahatan dan Jalan H. Ilyas.  

Belasan mahasiswa tersebut, awalnya berkumpul  di Mesjid At-Taqwa Blangpidie, sekira pukul 9.00. Mereka berjalan kaki dan menyebar  di Tiga  titik dalam  Kota Blangpidie. Di Jalan H. Ilyas, Jalan Kesehatan dan Jalan Pesada.

Sambil berjalan kaki, Mulutnya seakan tak henti berteriak, Tangan kirinya sekali-kali diangkat keatas, memegang sebuah mikropon seraya menyapaikan “ Bapak – bapak kami mohon ma’af karna telah menganggu kenyamanan perjalanan para pengendara semua, ini kami lakukan bukan untuk kepentingan kami semata, tetapi atas kepentingan Saudara kita di Silolo Aceh Selatan”. Dibawah teriknya matahari sang orator terus mengetuk pintu hati setiap orang yang lewat dan para pemilik tokoh.

Dari sudut Jalan H. Ilyas, 5 orang mahasiswa sibuk melengang dari satu toko dan kesejumlah toko lainnya sambil mengendong sebuah kotak. Membuktikan bahwa mereka tidak saja berdiri di jalan. Akantetapi berkeliling untuk mendapatkan belaskasihan dari setiap pemilik tokoh yang ada di Pusat Kota Balngpidie.

Belasan Mahasiswa itu merupakan Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), yang  tergabung dalam Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, (PC-IMM) Abdya.

Masrian Mizani dalam orasinya menyampaikan, “Aksi jalanan yang kita gelar merupakan bentuk tangung jawab moral terhadap masyarakat, tidak hanya masyarakat Aceh Barat Daya, tetapi juga masyarakat lainnya. Karena kita tidak boleh memilah-milah. kita tau saat ini mereka membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari kita semua” tandas masrian.

Ditempat yang sama Koordinator Aksi, Halimi kepada Wartawan AbdyaNEWS, Minggu, 5 Mei 2013 mengatakan aksi ini merupakan bentuk solidaritas kader IMM Abdya, untuk Masyarakat Korban Kebakaran di Desa Silolo, Kecamatan Pasi Raja Kabupaten Aceh  Selatan. “ Aksi ini merupak bentuk solidaritas dan kepekaan kader IMM Abdya terhadap Masyarakat yang ada di Desa Silolo Kab, Aceh Selatan”.

Ia Menambahkan, Mereka melaksanakan penggalang dana selama tiga hari. Pengalangan dana mulai pagi, hingga siang, seusai ba’da dhuhur aksi berlanjut hingga sore. “ Tiga Hari ini Kita maksimalkan sebisa mungkin untuk turun kelapangan, Pagi Kita turun, seusai ba’da Ashar kitalanjutkan hingga sore, ini kita usahakan selama tiga hari secara berturut-turut. Tuturnya.

Menurutnya sore merupakan momen yang tepat, karena masyarakat memanfa’atkan waktu itu untuk pergi santai bersama keluarga. “ sore waktunya cukup strategis untuk kita bergerak karena banyak banyak masyarakat yang meluangkan waktu jalan-jalan bersama keluarga di sore hari” jelasnya. 

Halimi juga menambahkan, Aksi ini  direnacanakan selama tiga hari, di Kecamatan Balngpidie, Mangeng dan Kecamatan Babahrot. “ Aksi pengalangan dana ini kita rencanakan selam tiga hari yaitu. Hari Minggu, Senin dan Selasa. Minggu di Pusat Kota Blngpidie, Senin kita langsung terjun di Kecamatan Babahrot dan terakhir di Kecamatan Manggeng”. Tambahnya.

Lebih Lanjut, Halimi menjelaskan, Semua batuan yang terkumpul nantinya akan di antar langsung kekorban yang ditimpa musibah, minimal bisa meringankan beban mereka di sana, bantuan ini adalah sumbangan langsung dari masyarakat Abdya. Untuk sementara bantuan yang kita terima hanya dalam bentuk uang. “ Semua bantuan yang terkumpul langsung kita serahkan kepada korban, karena bantuan adalah sumbangan yang kita kutip dari masyarakat Abdya secara langsung, mudah - mudahan bisa membatu keringan beban mereka disana”. Lanjutnya.

Hari Kedua di Kecamatan Babahrot Ketua Umum PC IMM Abdya, Rusman yang berhasil di jumpai menyampaikan, Ada sedikit kendala yang mereka alami saat melaksanakan penggalang dana di Babahrot, Kedatangan mereka di Kecamatan itu, disambut oleh hujan gerimis. Namun mereka tetap turun. Sekitar dua jam turun kejalan dan berkeliling, hujan pun mulai tidak bersahabat.” Ci bang kalon ujeun teuga that, ngon-ngon habeh basah, hana bisa kamoe talanjut le, nyoe mantoeng dua jeum Kamoe troen. Alhamdulillah na cit Peng Nam Reutoeh ribe “ Jelasnya dalam bahasa Aceh sambil mengigil kedinginan. ( Coba ab lihat, hujat cukup lebat, sayang kita lihat teman-teman, Alahmdulillah dengan waktu dua jam kita bisa menghasilkan uang sebanyak Enam Ratus Ribu Rupiah).  

Hari terakhir di Kecamatan Mangeng, Rusman menyampaikan Aksi penglangan dana di hari terkhir berjalan tanpa ada kendala. “ Alhamdulillah aksi pengalangan dana hari ini berjalan sesuai harapan kita bang ”.sebutnya
Dikantor Sekretariat PC IMM Abdya Jalan At-Taqwa Blangpidie, Rusman sambil memperlihatkan jumlah uang dari hasil penggalangan dana, juga menyampaikan, Jumlah uang keseluruhan yang terkumpul dari hari pertama hingga ketiga senilai 4 juta. “ saat ini uang yang sudah kita peroleh selama tiga hari berjumlah Empat juta Rupiah”. Rusman merincikan uang yang sudah mereka peroleh selama tiga hari, ditiga Kecamatan  di Abdya. “ Hari pertama di Kecamatan Blangpidie Kami memperoleh uang sebanyak 2 juta, di Babahrot 7 Ratus ribu dan di Kecamatan Mangeng 1 juta tiga ratus ribu”. Rincinya.

Ia kembali menjelaskan, Uang 4 juta itu akan kita belanjakan dalam bentuk sembako. “ uang ini akan kita belanjakan untuk membli Gula 45 kg,Beras 9 sak,Telur 18 ikat, Mie kardus 36 kotak, dan minyak goring sebanyak 18 botol”. Sambil memperlihatkan rincikan di dua lember kertas berukuran kecil.

Terakhir Rusman mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh masyarakat Aceh Barat Daya karena telah berpartisifasi untuk meringankan beban Masyarakat yang ditimpa musibah kebakaran. Dan pihaknya akan mengantar langsung amanah  tersebut ke lokasi kebakaran dengan mobil Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), Abdya. “  Melalui Media Abdya NEWS Kami atas nama PC-IMM Abdya, Mengucapkan ribuan terimakasih atas partisifasi masyarakat Abdya. Karena Saat ini, Saudara Kita di Silolo membutuhkan uluran tangan Masyarakat Abdya dan Insya Allah Kamis ini, bantuan akan kita antar langsung ke korban kebakaran di Silolo dengan mengunakan Mobil Pick-up Muhammadiyah Abdya”. Pungkasnya.

Seperti yang pernah diberitakan oleh salah satu media cetak lokal di Aceh terkait dengan kebakaran Sembilan unit rumah toko (Ruko) semi permanen yang dihuni 7 kepala keluarga dengan 34 jiwa, di Dusun Jeumpa, Gampong Silolo, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (26/4/2013) malam ludes dilalap si jago merah. Akibat kejadian itu, satu orang korban mengalami luka bakar. Sedangkan kerugian ditaksirkan mencapai Rp 2 miliar lebih.




Komentar Anda Disini !

Copyright © 2010 - Abdyanews
Designed By Xplory Design