.

Breaking News

Senin, 01 April 2013

Ribuan Pendukung Bendera GAM Berkonvoi di Aceh

Rakyat Aceh Tuntut Pemerintah Menyetujui Bendera dan Lambang Aceh
VIVAnews - Ribuan pendukung Partai Aceh dan Komite Peralihan Aceh yang datang dari sejumlah daerah di Aceh berkonvoi di Banda Aceh dengan membawa bendera Gerakan Aceh Merdeka, Senin 1 April 2013. Konvoi bendera GAM ini untuk memberikan dukungan bagi pemerintah Aceh yang telah mengesahkan bendera itu sebagai bendera resmi Aceh.
Ribuan pendukung Partai Aceh itu telah datang ke Banda Aceh sejak Senin dinihari. Mereka berkumpul di sekitar Masjid Raya Baiturrahman. Bendera GAM dengan berbagai ukuran juga dibawa massa yang datang dari sebagian besar wilayah pesisir timur dan sebagian kecil dari barat selatan Aceh ini.

Pantauan VIVAnews, mereka datang dengan menggunakan truk dan kendaraan umum serta sejumlah mobil pribadi yang semuanya ditempelkan bendera GAM. Selain didominasi kaum pria, pawai ini juga diiikuti sejumlah perempuan dan anak-anak yang masih berusia sekolah.

Konvoi dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dari Masjid Raya Baiturraman, Banda Aceh, melewati Jalan Tengku Daud Bereueh, Jalan T. Nyak Arif, Simpang Surabaya dan kembali lagi ke kawasan Masjid Raya Baiturrahman. Jalan-jalan juga sempat macet saat konvoi berlangsung.

Polisi tampak berjaga-jaga di seputaran kawasan yang dilalui peserta konvoi. Meski tak berizin, Wakil Kepala Kepolisian Resor Banda Aceh, Ajun Komisaris Besar Sugeng H Sutrisno, menyebutkan, mereka tetap menjaga agar pawai ini berlangsung tertib. "Kami hanya melakukan pengamanan rutin saja. Kami sudah meminta mereka untuk tertib supaya tidak mengganggu ketertiban umum," ujarnya.
 
Rencananya hari ini Pemerintah Aceh akan ditemui Dirjen Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Djohermansyah Djohar. Pertemuan itu untuk membahas pengesahan Qanun no 3 tentang bendera dan lambang Aceh.

Pemerintah tak setuju dengan penggunaan lambang dan bendera GAM sebagai bendera dan lambang Aceh. Sebab penggunaan bendera dan lambang tersebut bertentangan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 77/2007 tentang Lambang Daerah.

Sementara pemerintah Aceh dan DPR Aceh bersikukuh bahwa bendera dan lambang GAM itu adalah bendera dan lambang yang dipilih rakyat Aceh untuk dijadikan sebagai lambang dan bendera Aceh.

Untuk mencari solusi terbaik atas hal itu, maka pemerintah pusat melalui Departemen Dalam Negeri dan pemerintah Aceh akan membahas lebih lanjut dalam pertemuan yang diagendakan hari ini. Sementara para pendukung Partai Aceh yang membawa bendera GAM, hingga berita ini ditulis masih bertahan di kawasan Masjid Raya Baiturrahman menunggu keputusan tersebut. (umi)
Sumber : http://nasional.news.viva.co.id/news/read/401634-ribuan-pendukung-bendera-gam-berkonvoi-di-aceh

Komentar Anda Disini !

Copyright © 2010 - Abdyanews
Designed By Xplory Design