.

Breaking News

Selasa, 26 Februari 2013

ACEH BARAT DAYA : KITA SERING MENGALAMI KESALAHAN BERFIKIR

Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA)
Said Mahyiddin Muhammad
Dosen Fakultas Tarbiyah
Universitas Muhammadiyah
Aceh (UNMUHA)



Salah satu kesalahan dalam berfikir yang sering dikemukakan para ilmuan sosial adalah "membangun masa depan dengan patron masa lalu." Banyak intelektual, pemimpin dan kelompok terjebak dalam "lobang" kesalahan berfikir seperti ini karena terlena dengan masa lalu. Bukan hanya nilai2 positif masa saja yang dijadikan acuan, tetapi juga simbul2 masa lalu "dikeramatkan" dan dianggap sebagai patron untuk membangun masa depan. Padahal ditinjau dari berbagai aspek, kita berada dalam zaman dan permasalahan yang berbeda.

Kita tentu sangat berharap, pembangunan masa depan Aceh, tidak terjerumus dalam kesalahan berfikir, di mana kita sering melihat masa depan dengan "kacamata" 600 tahun ke

belakang. Simbul2 masa Sultan Iskandar Muda sering kita anggap sebagai resep keramat untuk membangun Aceh. Padahal seandainya Sultan Iskandar Muda yang memimpin Aceh sekarang ini belum tentu berhasil. Hal ini disebabkan konteks sosial, politik-ekonomi dan pendidikan masyarakat Aceh sudah mengalami peubahan secara sunnatullah.

Oleh karena itu, resep-resep pembangunan Aceh, 600-700 tahun lalu yang bersifat simbolik tidak harus ada hari ini. Yang perlu diadopsi adalah keadilan Iskandar Muda dalam memimpin rakyat Aceh. Beliau tidak memperkaya diri, melindungi rakyat dari etnis apapun, serta tidak menguntungkan golongan tertentu.

Komentar Anda Disini !

Copyright © 2010 - Abdyanews
Designed By Xplory Design