.

Breaking News

Kamis, 14 Februari 2013

Warga Aceh Barat Daya Harus Waspada

Blangpidie Hujan lebat mengguyur Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sepanjang siang kemarin. Sebanyak tiga desa di tiga kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat Daya mengalami banjir.

Ketiga desa tersebut meliputi Desa Ladang Kecamatan Susoh. Banjir luapan di daerah tersebut dikarenakan penyempitan Kuala Krueng Cangkol. Sementara itu, Desa Alue Manggota Kecamatan Blangpidie dan Desa Ujong Tanoh Kecamatan setia juga mengalami hal sama.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Daya, Jusbar kepada Wartawan, Jumat (8/2) menjelaskan, pasca hujan lebat yang melanda daerah tersebut siang kemarin hingga malam, tidak ada daerah yang yang tergenang banjir kecuali tiga desa tersebut yang mengalami banjir luapan diakibatkan penyempitan saluran yang tertimbun tanah.

“Seluruh saluran dan muara yang tersumbat sudah selesai kita bersihkan dengan melibatkan pihak kecamatan dan masyarakat setempat. Sehingga air cepat surut dan tidak sempat masuk ke rumah warga,” katanya.

Menurutnya, peran aktif masyarakat sangat diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan demi terciptanya daerah yang bebas banjir. Karena sampah merupakan salah satu faktor terjadi banjir luapan. Di sisi lain, masyarakat juga diminta untuk tidak melakukan penyempitan saluran pada saat membangun jempatan di lingkungan pemukiman warga.

Ia juga meminta warga, untuk waspada dengan keadaan sekarang. Bisa saja sewaktu-waktu terjadi banjir dengan curah hujan yang meningkat selama seminggu terakhir. (AbdyaNEWS)

Komentar Anda Disini !

Copyright © 2010 - Abdyanews
Designed By Xplory Design