.

Breaking News

Rabu, 20 Februari 2013

14 Desa di Batee Krisis Air Bersih

http://statik.tempo.co/data/2012/08/30/id_137387/137387_475.jpgSIGLI - Hampir setengah masyarakat Kecamatan Batee mengalami krisis air bersih. Padahal jaringan pipa air bersih telah terpasang di semua desa dan juga telah dibangun beberapa mesin pengolah air (Water Treatment Plant/WTP).

Informasi yang diperoleh Serambi dari Sekretaris Camat Batee, M Jafar Z SSos, krisis air bersih ini dialami hampir setengah penduduk kecamatan.

“Dari 28 desa di Kecamatan Batee, sebanyak 14 desa di antaranya masih mengalami krisis air bersih. Akibatnya setiap hari warga terpaksa membeli air minum seharga Rp 5.000 per jeriken,” sebutnya, Rabu (20/2).

Ia menyebutkan, instalasi pipa penyaluran air bersih sebenarnya sudah terpasang di seluruh desa sejak beberapa tahun lalu. Di samping itu juga sudah dibangun mesin pengolah air (Water Treatment Plant/WTP) di Desa Teupin Raya, Lhokseumani dan Kareung.

Keuchik Desa Neuheun, Usman Maddan, menyebutkan, pipa air sebenarnya sudah dipasang sejak tahun 2010 lalu, namun belum difungsikan sampai sekarang. “Malah sudah ada kran yang patah,” imbuhnya.

Untuk memenuhi kebutuhan air sambung Usman, warga terpaksa membeli air bersih seharga Rp 5.000 per jeriken. “Jika tidak, warga terpaksa memasak menggunakan air sumur yang lagang,” tambahnya.(aya)

Belum Serahterima WTP

DIREKTUR PDAM Tirta Mon Krueng Baro, Sigli, Pidie, Drs Ridwan, menjelaskan, pipa jaringan air di sejumlah desa di Batee belum difungsikan karena belum dilakukan serahterima keberadaan WTP kepada pihak PDAM.

“Penyebab krisis air karena letak desa jauh, maka itu diharapkan keberadaan WTP di Batee segera diserahterimakan dari Pemkab Pidie kepada PDAM,” ujarnya.(aya)



Sumber : http://aceh.tribunnews.com

Editor : bakri

Komentar Anda Disini !

Copyright © 2010 - Abdyanews
Designed By Xplory Design