.

Breaking News

Senin, 20 Februari 2012

Banjir Rendam Ratusan Rumah di Abdya

170212foto.11_.jpgBLANGPIDIE - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sejak Rabu (15/2) sore mengakibatkan Muara Kuala Cangkul, Desa Ladang, Kematan Susoh, Kabupaten Aceh Selatan meluap dan merendam puluhan unit rumah penduduk.

Keuchik Ladang, Hermanto, di lokasi banjir kepada Serambi, Kamis (16/2) melaporkan, tidak kurang dari 60 unit rumah dan dapur milik warga dalam dua desa itu direndam banjir dengan ketinggian 5-10 centimeter.

Meski tidak ada yang mengungsi, namun banjir yang terjadi tengah malam, yakni sekitar pukul 23.00 WIb itu telah mengakibat warga kalang kabut menyelamatkan barang dan perlengkapan rumah tangganya dari genangan banjiri. Bahkan akibat peristiwa itu sejumlah warga tidak bisa memasak, karena kebanyakan mereka itu masih menggunakan kayu.

Selain menggenangi bangunan rumah dan dapur penduduk, banjir luapan itu juga merendam sejumlah kolam ikan milik warga, sehingga tidak sedikit ikan air tawar itu yang lepas. “Masyarakat tak sanggup lagi menggali mulut muara itu. Kami mengharapkan kepada Pemkab setempat untuk segera menanggulangi bencana banjir tersebut,” katanya.

Bukan hanya merendam puluhan rumah di Desa Ladang dan Desa Panjang Baru Kecamatan Susoh, namun banjir akibat hujan deras yang terjadi sejak Rabu sore itu juga merendam puluhan unit rumah warga di Desa Persiapan Alue Dawa dan Desa Persiapan Rukun Damai, Kecamatan Babahrot.

Banjir kiriman anak sungai itu juga mengakibatkan sejumlah tanaman padi milik masyarakat yang baru ditanam ikut terendam air bercampur lumpur. “Jalan raya menuju ke Desa Persiapan Rukun Damai sempat macet beberapa jam, karena digenangi banjir dengan ketinggian setinggi lutut orang dewasa,” ujar salah seorang warga.(az)



Editor : bakri

Komentar Anda Disini !

Copyright © 2010 - Abdyanews
Designed By Xplory Design